(0717) 422145
info@ubb.ac.id
Let's Protect Our Campus, Let's Go Green

Artikel EcoGreenUBB

Pelatihan Pembuatan Media Tumbuh Jamur Guna Mendorong Kemandirian Budi Daya Jamur di Desa Teru



BANGKA TENGAH - Belum adanya kemandirian masyarakat Desa Teru dalam melakukan budidaya jamur tiram menggerakkan Tim Dosen Biologi UBB untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di desa yang berada di daerah administratif Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah.

Seperti diketahui, mengaplikasikan keilmuan kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen yang tercantum pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ibu Anggraeni, S.Si., M.Si., bertindak sebagai ketua tim dengan anggota Ibu Dr. Henny Helmi, S.Si., M.Si., Ibu Robika, S.Si., M.Si., dan Ibu Salmi, S.Si., M.Biomed. Kegiatan ini mengambil tema “Optimasi Usaha Budidaya Jamur Tiram di Desa Teru Melalui Kemandirian Pengadaan Media Tumbuh”.

Pemerintah Desa Teru telah berusaha memberdayakan Ibu-Ibu PKK Desa Teru dengan menyediakan bangunan yang dikhususkan sebagai lokasi budidaya. Kegiatan budidaya jamur telah dilakukan oleh ibu-ibu PKK selama beberapa bulan terakhir. Selama ini, ketersediaan media tumbuh (baglog) masih mengandalkan pihak ketiga sebagai penyedia. Jika dilihat dari sisi ekonomi, tentu saja ini akan meningkatkan biaya budidaya jamur tiram.

Kegiatan PkM Tim Dosen Biologi UBB adalah solusi yang ditunggu-tunggu sehingga diharapkan ibu-ibu PKK Desa menjadi lebih mandiri dalam melakukan budidaya jamur tiram. Pelatihan pembuatan baglog telah dilakukan secara bertahap dan kontiniu semenjak bulan Juli 2022. Saat ini (awal Sept 2022), baglog yang dibuat pada awal pelatihan telah memasuki masa akhir inkubasi. Miselium mulai tampak pada baglog yang menunjukkan keberhasilan proses pembuatan baglog.

Ibu-ibu PKK yang terlibat dalam proses pembuatan baglog merasa puas dan senang dengan hasil capaian ini. Saat ini mereka siap untuk memulai kembali proses pembuatan baglog lainnya. “Alhamdulillah baglog yang kita buat di awal Juli kemarin berhasil. Kami berencana untuk memulai kembali pembuatan baglog karena metode yang telah diajarkan sebelumnya, ungkap Ibu Jumilah, salah satu anggota PKK Desa Teru.

Perangkat Desa Teru sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Tim Dosen Biologi UBB ini. “Saya sangat senang sekali dengan adanya pelatihan pembuatan baglog jamur tiram bagi ibu-ibu PKK Desa Teru. Dengan pelatihan ini saya berharap ibu-ibu PKK bisa menyediakan sendiri baglog dan tidak perlu membeli pada pihak ketiga” ujar Ibu Sariah, selaku sekretaris Desa Teru. Lebih lanjut, Kepala Desa Teru, Bapak Solihin, S.H. menyebutkan “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami terutama dalam pemberdayaan wanita di Desa Teru. Saya berharap produksi jamur tiram bisa meningkat dan bisa lebih produktif karena ibu-ibu PKK telah mampu membuat baglog sendiri. Harapannya kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu periode kegiatan ini saja, tetapi berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya”