(0717) 422145
info@ubb.ac.id
Let's Protect Our Campus, Let's Go Green

Artikel EcoGreenUBB

HIMA SASING UBB Gelar Bina Desa di Bangka Selatan


 

Toboali – Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris (HIMA SASING) Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, yakni Bina Desa, di Dusun Tambang II, Desa Kepoh, Toboali, Bangka Selatan, pada 18–21 Juli 2022.

Kegiatan yang diikuti oleh 45 mahasiswa ini, mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Masyarakat Melalui Pendidikan dan Pemberdayaan Lingkungan”, serta didukung oleh Bangkapos, Bolesa, dan Fajar Yulisetianto, S.E.

Ketua pelaksana kegiatan M. Sultan Zahan mengungkapkan, kegiatan bina desa dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, baik di bidang pendidikan maupun lingkungan. Ia juga menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun kegiatan yang dilakukan berupa pembuatan papan nama gerbang desa, kerja bakti bersama warga, pembuatan  tempat sampah, serta pendidikan bahasa Inggris tingkat dasar untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun.

“Dengan diadakannya kegiatan bina desa ini, kami berharap dapat memberikan manfaat, pengetahuan, serta inovasi di bidang pendidikan maupun lingkungan. Sehingga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat setempat,” ujar Sultan, Jum’at (22/07/2022).

Selain itu, kata dia, melalui bina desa ini diharapkan dapat membangun kerja sama yang baik antara organisasi mahasiswa, perguruan tinggi, serta masyarakat.

Masyarakat setempat menyambut hangat program kerja HIMA SASING tersebut. Terlihat dari antusiasme warga dan anak-anak yang ikut terlibat dalam rangkaian kegiatan Bina Desa.

 Hal itu diakui Kepala Dusun II Desa Kepoh, Nimo. Menurutnya, kegiatan bina desa bernilai positif dan berguna bagi masyarakat, khususnya di Dusun Tambang II.

“Selama ini, kami sangat membutuhkan adanya tenaga penggerak serta pembimbing masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat desa kami,” ujar Nimo.

Kegiatan yang merupakan pelaksanaan tahun kedua ini berlangsung selama 4 hari, dan resmi ditutup dengan kepulangan mahasiswa dari Dusun Tambang II.

 

 Penulis :  Dina Sayyidina Rani dan Zahra Zarina

Fotografer : Tim Dokumentasi HIMA SASING