(0717) 422145
info@ubb.ac.id
Let's Protect Our Campus, Let's Go Green

Artikel EcoGreenUBB

Dosen Sastra Inggris UBB Mengabdi di Sekolah Alam Pangkalpinang


 

Pangkalpinang, UBB-- Dalam rangka mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Dosen Jurusan Sastra Inggris (Sasing), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan Lokakarya bertajuk “Prinsip dan Ilmu Dasar, Teknik, serta Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Alam Pangkalpinang.”

Kegiatan ini diselenggarakan di Sekolah Alam Pangkalpinang atau SAPKA dan bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang pembelajaran bahasa Inggris di sekolah alam. 

Acara yang dilaksanakan selama dua hari tersebut (Jumat, 22 Juli 2022 s.d. Sabtu, 23 Juli 2022) melibatkan 7 (tujuh) dosen Jurusan Sasing, yakni Tri Arie Wibowo, S.S., M.Hum, Vindi Kaldina, M.A., Nurvita Wijayanti, M.A., I Nyoman Pasek Darmawan, M.Pd., M. Aries Taufik, M.Pd., Resti Amalia, M.Pd., dan Rizky Arif Afandi, M.A.    . 

Rangkaian acara terdiri dari workshop dan diskusi mengenai teori dan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif di Sekolah Alam. 

 

 

Acara dibuka pada hari Jumat, 22 Juli 2022 dengan sambutan dari Ketua Jurusan Sastra Inggris UBB, Dr. Diana Anggraeni, S.S., M.Hum dan kepala sekolah SAPKA, Muhammad Arifin Saddoen, M.Pd. 

Para peserta yang terdiri dari jajaran pengajar dan staff di SAPKA melakukan sesi sharing yang dipimpin oleh M. Aries Taufik, M.Pd. selaku moderator, mulai dari sharing tentang Prinsip dasar dalam pembelajaran EFL Vindy Kaldina, M.A., dilanjutkan dengan Fungsi Pembelajaran Fonetik pada Usia Sekolah oleh Nurvita Wijayanti, M.A. dan diakhiri dengan pembahasan Alat Bantu Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa oleh Tri Arie Wibowo, S.S., M.Hum. 

 

Di hari kedua, para peserta mendapat materi yang lebih aplikatif seperti Metode Jigsaw dalam reading oleh I Nyoman Pasek Darmawan, M.Pd., Teknik membangun kemandirian dalam belajar oleh Resti Amalia, M.Pd dan pelatihan mengajar Bahasa Inggris dengan media tumbuh-tumbuhan oleh Rizky Arif Afandi, M.A. 

 

Sebagai penutup, Dr. Leylasari.S.T, M.T. selaku ketua yayasan Rumpun Kembang Ilalang yang menaungi SAPKA menyatakan harapannya agar lokakarya ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lain di masa yang akan datang. Hal ini pun disepakati oleh tim dosen pengabdi dengan menyatakan bahwa selanjutnya akan diadakan kunjungan tiap pekan oleh dosen UBB selama satu semester sebagai upaya tindak lanjut kegiatan pengabdian masyarakat ini. (Resti Amalia, Dosen Sastra Inggris UBB)