(0717) 422145
info@ubb.ac.id
Let's Protect Our Campus, Let's Go Green

Artikel EcoGreenUBB

Mahasiswa Sastra Inggris UBB Pentaskan Drama di Depan Pimpinan


Merawang, UBB -- Menjelang sore hari (Jumat, 24/06/2022), ruangan Balai Besar Peradaban (BBP) Gedung Rektorat Universitas Bangka Belitung (UBB) tampak begitu meriah. Di ruangan yang megah itu, beberapa mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris (Sasing) Universitas Bangka Belitung (UBB) cosplay berbagai karakter, atau mementaskan drama dengan sangat epic menggunakan bahasa inggris. 

Suasana menjadi tambah meriah dan berkesan bagi para mahasiswa saat disaksikan langsung oleh pimpinan UBB, mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro dan Dekan dari lima fakultas yang ada di UBB.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara pementasan, Rektor UBB Dr. Ibrahim, M.Si. menyampaikan, memberikan apresiasi yg tinggi kepada Jurusan Sasing. Dikarenakan selama Jurusan Sasing berdiri baru pertama kali tampil secara umum dan ini merupakan suatu langkah yang positif untuk mendukung kegiatan mahasiswa.

(Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si. saat menyampaikan kata sambutan dan apresiasi untuk Prodi Sasing yang menginisiasi adanya pementasan drama oleh para Mahasiswa)

"Tentunya kita sangat apresiasi dan sangat mensupport kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Terlebih lagi, walaupun ini merupakan yang pertama kali selama Jurusan Sasing berdiri, tetapi animonya sangat luar biasa,"ucapnya.

Rektor berharap kedepannya kegiatan ini dapat terus berlanjut dan jutru dapat menjadi semacam komunitas teater. Pastinya tidak hanya berasal dari mahasiswa Sasing saja, tetapi mahasiswa UBB secara keseluruhan.

"Kita berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut tidak hanya hari ini saja, serta tidak menutup kemungkinan nanti dapat dibentuk UKM teater. Hingga seleuruh mahasiswa UBB dapat tergabung dari berbagai macam jurusan," tambahnya.

Sementara itu, Dr. Diana Anggraeni, M.Hum. selaku Ketua Jurusan Sasing mengungkapkan, kegiatan ini merupakan praktek dari salah satu mata kuliah di Jurusan Sasing. Akan tetapi, ini bisa saja menjadi suatu langkah akan dibentuknya suatu wadah dalam menampung ide-ide kreatif mahasiswa yang hobi dengan teater.

"Tentunya kita berharap ini dapat terus berlanjut dan menjadi semacam sebuah komunitas teater. TIdak hanya berasal dari Jurusan Sasing dan dipentaskan pada ruang lingkup lingkungan UBB saja, tetapi dapat dipentaskan secara umum," ungkapnya.

"Selain itu, nantinya para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas ini akan bekerja sama dengan rumah seni-nya Ibu Melati. Hal itu menjadi salah satu upaya untuk dapat meningkatkan pariwisata di Bangka Belitung," tambahnya lagi.

(Momen saat mahasiswa Sastra Inggris mementaskan drama di Balai Besar Peradaban, Gedung Rektorat UBB)

Sedangkan sebagai salah satu dosen pengampu mata kuliah Drama, Tri Arie Bowo, S.S., M.Hum. menyampaikan, kegiatan pementasan drama kali ini sebenarnya merupakan praktek dari salah satu mata kuliah dan dibagi menjadi dua sesi, dimana sebelum UTS itu lebih banyak ke materi, kemudian setelah UTS lebih banyak ke praktek.

"Awalnya ini dibagi menjadi empat kelompok mahasiswa dalam pementasan, tetapi saat praktek hari ini, tidak semua kelompok mementaskan, hanya dipilih berdasarkan beberapa kriteria dan mahasiswa yang pengucapan bagus, karena harus mengunakan bahasa inggris," ujarnya.

Kendati demikian, semua mahasiswa yang tergabung dalam mata kuliah ini memiliki perannya masing-masing. Karena ini merupakan bentuk kekompakan satu tim. 

Selain itu, Trie menambahkan, keterlibatan Himpunan Mahasiswa juga menjadi dukungan suskesnya acara, karena ada beberapa mahasiswa nantinya akan melakukan praktek mata kuliah ini juga.

Ditambah lagi, dengan animo yang luar biasa, selain para pimpinan UBB ada juga para orang tua wali yang justru datang menonton pementasan. 

"Kita juga sangat terkejut dengan apresiasi dari berbagai pihak ini dan membuat ruangan menjadi penuh," tambahnya

(IW/Humas)